Macam – macam kopling
pada mobil
Kopling adalah
komponen yang berguna untuk memperhalus perpindahan gigi , sekaligus untuk
mempermudah melakukan pengereman. Menurut teori yang ada , kopling banyak
sekali modelnya. Namun untuk kali ini saya hanya mengkhususkan pembahasan macam
– macam kopling untuk mobil. Kopling mobil termasuk ke dalam kopling kering,
yang artinya kopling ini hanya dapat bekerja dalam kondisi kering. Lain halnya
dengan kopling motor, yang termasuk ke dalam kopling basah. Perbedaan ini
membuat kampas kopling mobil dan kampas kopling motor berbeda dari segi
bahannya. Kopling mobil tidak bisa bekerja bila dalam keadaan basah atau
terkena oli. Maka yang terjadi kopling dapat selip. Lain halnya dengan kampas
kopling sepeda motor yang harus terkena oli. Dan bila kampas kopling motor
tidak terkena oli, maka kampas kopling akan cepat habis. Hal ini disebabkan
kampas kopling motor mudah aus, bila tidak terkena oli.
Kembali ke topik
pembicaraan macam – macam kopling pada mobil, maka kopling mobil dibedakan
berdasarkan bentuk dari clutch cover nya. Bentuk clutch cover dari mobil ada 2
macam yaitu :
1. Kopling diafragma
Kopling ini dikenal
dengan nama kopling diafragma, sebab clutch cover atau rumah koplingnya
menggunakan pegas diafragma. Pegas ini berbentuk seperti piringan , dengan
bagian tengahnya dibelah – belah seperti sirip, yang bentuknya hampir
menyerupai diafragma. Untuk konstruksi lainnya tetap sama seperti jenis kopling
mobil lainnya yaitu, adanya pressure plate atau plat tekan dan kampas kopling.
Karena pegasnya yang hanya satu , kondisi penekanan pegas ke plat tekan akan
selalu sama, walaupun kondisi pegasnya sudah melemah. Akibatnya penekanan plat
tekan ke kampas kopling akan merata, sehingga terhindar dari kemungkinan selip.
Kelemahan dari kopling tipe ini adalah tidak dapat memberikan tekanan yang
lebih kuat dibanding tipe kopling mobil coil spring, sebab jumlah pegas yang
hanya satu. Untuk itu kopling ini hanya cocok untuk mobil berbeban ringan ,
seperti sedan.
2. kopling pegas koil
( coil spring)
Kopling ini
menggunakan pegas tipe koil untuk konstruksi rumah koplingnya. Untuk komponen
lainnya tetap sama yaitu menggunakan kampas kopling dan plat tekan. Pegas
kopling tipe ini sangat banyak, tergantung pada ukurannya. Pegas kopling
yang banyak ini membuat kekuatan pegasnya sangat kuat untuk menekan, untuk
itulah tipe ini sangat cocok digunakan untuk mobil dengan daya angkut berat,
seperti truk. Tapi kelemahan tipe ini adalah pegas yang banyak ini membuat bila
ada satu pegas lemah atau patah, membuat kopling jadi mudah s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar