Minggu, 20 April 2014

Dokumentasi Sistem Manajemen K3



NAMA           : AGUS FERDIANSYAH
NIM                : 06121012002


Dokumentasi Sistem Manajemen K3
Pendokumentasian di dalam sebuah perusahaan sangat penting dan merupakn unsur utama terbentuk nya sistem yang teratur dan tertata. Dokumentasi merupakan bentuk dasar untuk memahami sistem, mengkomunikasikan proses dan persyaratan pada organisasi, serta menentukan keefektifan penerapannya.
Organisasi dipersyaratkan untuk menetapkan, mendokumentasikan, memelihara dan memperbaiki Sistem Manajemen K3. Ada beberapa jenis dokumentasi berdasarkan tingkat kedudukannya yaitu :
·         Manual
Dokumentasi manual ini merupakan dokumentasi yang menjelaskan proses melalui pemetaan. Dokumen ini hanya menjelaskan tentang kebijakan – kebiajakan dasar dalam sistem manajemen.
·         Prosedur
Prosedur merupakan penjelasan detail dari aktivitas-aktivitas di perusahaan. Dokumentasi jenis ini memuat aktivitas aktivitas kompleks sebuah perusahaan, yang meliiputi ruang lingkup dan pelaksanaan sistem yang akan dikerjakan atau yang telah dikerjakan.
·         Intruksi Kerja
Instruksi Kerja biasanya digunakan oleh operator dalam mengerjakan aktivitasnya seperti pengoperasian mesin, penggunaan alat pemadam kebakaran dan lain-lain. Dokumentasi jenis intruksi Kerja harus diletakkan di tempat aktivitas itu dilakukan agar pekerja maupun pihak perusahaan dengan mudah mengevaluasi apa saja yang dianggap kurang dalam pelaksanaan K3 tersebut.

Proses dan prosedur kegiatan perusahaan harus ditentukan dan didokumentasikan sesuai dengan jenis dokumen dan pengendalian nya.

Adapun manfaat pendokumentasian dalam sebuah perusahaan adalah :Menyatukan secara sistematik kebijakan, tujuan dan sasaran K3,  menguraikan sarana pencapaian tujuan dan sasaran K3, mendokumentasikan peranan, tanggung jawab dan prosedur, dan memberikan arahan mengenai dokumen yang terkait dan menguraikan unsur-unsur lain dari sistem manajemen perusahaan, serta untuk menunjukkan bahwa unsur-unsur SMK3 yang sesuai untuk perusahaan telah diterapkan.
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar