Minggu, 20 April 2014

PENGENDALIAN DOKUMEN


NAMA           : AGUS FERDIANSYAH
NIM                : 06121012002
PRODI           : PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

PENGENDALIAN DOKUMEN
Dokumen didefinisikan sebagai informasi dan media pendukungnya yang dapat berbentuk kertas, data soft copy, foto, video, dans ebagainya.Fungsinya adalah sebagai alat komunikasi dan alat berbagi ilmu.
Adanya dokumentasi yang baik dan dinamis diharapkan dapat mencegah hal tersebut terjadi.Dengan demikian dokumen harus dikendali kan, tujuannyaa dalah selain agar mudah untukdibacadandicarijugauntukmencegahterjadinyapenyebarandokumen yang tidaksemestinya.
Prinsip dasar pengendalian dokumen adalah mamastikan bahwai nformasi yang tepatt ersedia, di tempat yang benar, di waktu yang tepat dan revisi yang sesuai. Suatu hal yang Nampak nya sepele dalam bekerja tetapi pada kenyataannya kita sering menemui masalah ketika berusaha menemukan suatu dokumen/ informasi, khususnya pada saat paling dibutuhkan.
Prinsip dasar pengendalian dokumen adalah mamastikan bahwa informasi yang tepat tersedia, di tempat yang benar, di waktu yang tepat dan revisi yang sesuai.Pengendalian dan penanganan dokumen mencakup kegiatan :
·         Pengkajian dokumen sebelum diterbitkan untuk mencegah beredarnya dokumen yang tidak sesuai dengan praktek di lapangan.
·         Revisi jika ada perubahan-perubahan untuk menjamin apa yang tertulis sesuai dengan apa yang dilakukanterakhir kali.
·         Persetujuan oleh orang yang berwenang supaya komitmen dalam prosedur (yang  di tandatangani nya) dapatdilakukans epenuhnya.

Dalam pengendalian dokumen K3 perlu di adakan prosedur yang jelas agar memudahkan kerja dalam peninjauan ulangnya nanti.Adapun prosedur tersebut adalah :
·         Pengesahan dokumen sebelum dokumen diterbitkan
·         Review dan up-date dokumen serta pengesahan ulang dokumen,
·         Pencegahan penggunaan dokumen kedaluwarsa dan member identidikasi yang sesuai pada dokumen kedaluarsa bila disimpan untuk tujuan tertentu.

Dokumen merupakan standar kerja suatu perusahaan tentu saja  harus ada kejelasan mengenai wewenang dan tanggung jawab pembuatan, pengkajian, persetujuan, perubahan, penarikan hingga pemusnahan suatu dokumen. Jadi disiplin pengendalian dokumen dalam melaksanakan semua tugas tersebut menjadi salah satu kunci pencapaian konsistensi kinerja system perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar