Minggu, 20 April 2014

PENGERTIAN KURIKULUM MENURUT PARA AHLI



     Nama : AGUSFERDIANSYAH
     NIM   : 06121012002

Pengertian kurikulum


  1. Menurut George A. Beaucham (1976 hal 58-59), kurikulum sebagai bidang studi membentuk suatu teori yaitu teori kurikulum. Selain sebagai bidang studi kurikulum juga sebagai rencana pengajaran dan sebagai suatu sistem (sistem kurikulum) yang merupakan bagian dari sistem persekolahan. (http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/16/134-pengertian-kurikulum-lengkap-38657.html)

  1. Kurikulum adalah niat dan rencana, proses belajar mengajar adalah pelaksanaanya. Dalam proses tersebut ada dua subjek yang terlibat yakni guru dan siswa. Siswa adalah subjek yang dibina dan guru adalah dubjek yang membina.( http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/16/134-pengertian-kurikulum-lengkap-38657.html)

  1. (J. Galen Saylor, William M. Alexander, and arthur J. Lewis dalam Oliva 1991:6)   Kurikulum adalah sebagai sebuah perencanaan untuk memperbaiki seperangkat pembelajaran untuk seseorang agar menjadi terdidik (http://www.bagikanlink.com/2013/03/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli.html)

  1. (Dr. Addamardasyi dan Dr. Munir Kamil) Kurikulum adalah sejumlah pengalaman pendidikan kebudayaan, sosial, olahraga, dan kesenian yang disediakan oleh sekolah bagi murid-murid di dalam dan di luar sekolah dengan maksud menolongnya untuk berkembang menyeluruh dalam segala segi dan merubah tingkah laku mereka sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan.  (http://www.bagikanlink.com/2013/03/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli.html)

  1.  RICHARDS (2001)Kurikulum adalah kegiatan yang esensial karena kegiatan tersebut mencoba menelaah bagaimana meningkatkan kualitas pengajaran melalui penggunaan perencanaan, pengembangan, penelaahan dan pelaksanaan dalam semua aspek program secara sistematis (http://carapedia.com/pengertian_definisi_kurikulum_info2009.html)

  1.  ANONIM Kurikulum adalah seluruh pengalaman yang ditawarkan pada peserta didik dibawah arahan dan bimbingan penyelenggara program.






  1. Roebert M. Hutchin yang mengatakan, “The curiculum should include grammar, theoric and logic, reading, and eddition, and mathematic at the secondary level introduce the great books of the western world.”  (http://seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/06/pengertian-kurikulum-pendidikan.html#.UiWYaKLxosE)

  1. Zakiah Daradjat bahwasannya, “All activities that are provided for studied by the school constitut: is curriculum” (http://seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/06/pengertian-kurikulum-pendidikan.html#.UiWYaKLxosE)

  1. A curriculum  is the planned interaction of pupils with instructional content, materials, resources, and processes for evaluating the attainment of educational objectives.. (http://en.wikipedia.org/wiki/Curriculum

  1. A curriculum is prescriptive, and is based on a more general syllabus which merely specifies what topics must be understood and to what level to achieve a particular grade or standard. (http://en.wikipedia.org/wiki/Curriculum)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar